babelhebatBeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Tiga Dinas di Pemkab Bangka Selatan Berkolaborasi Terapkan Siswaskeudes

TIGA dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pengawasan keuangan desa melalui Sistem Pengawasan Keuangan Desa atau (SISWASKEUDES).

Tiga dinas tersebut yakni Inspektorat, Pemerintah Desa, serta Dinas Komunikasi dan Informatika. Hal ini disampaikan Kepala Inspektorat Pemkab Basel, Marpaung, Selasa (16/1/2024).

Marpaung menjelaskan, terdapat 50 desa se-Bangka Selatan yang harus dilakukan pembinaan dan pengawasan oleh Inspektorat. Karena itu, dengan adanya Siswaskeudes tentu akan lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan.

“Dengan menerapkan Siswaskeudes, pekerjaan akan lebih mudah dan efisien. Harapan akhirnya tentu saja agar pengelolaan keuangan desa lebih berkualitas, akuntabel dan efektif,” kata Marpaung.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Diskominfo Pemkab Basel, Yuri Siswanto mendukung penuh dalam penerapan Siswaskeudes tersebut.

“Penerapan Siswaskeudes ini tentu tidak akan terlepas dari Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) yang sudah terlebih dahulu dioperasikan oleh rekan-rekan di Dinas Pemdes,” jelas Yuri.

Yuri menambahkan, kedua sistem informasi (Siswaskeudes dan Siskeudes) tersebut akan segera diintegrasikan, dengan demikian sehingga pelaksanaan pengawasan keuangan desa oleh Inspektorat lebih mudah dan efisien.

“Tim IT (Informasi Teknologi) Diskominfo secara teknis sudah berkomunikasi dengan admin dan operator sistem dari Pemdes maupun Inspektorat. Target dan komitmen kita, sistem ini segera dapat diterapkan dalam waktu dekat,” tutur Yuri.

Diketahui sebelumnya, bahwa pada Selasa (9/1) lalu, tiga dinas tersebut telah melakukan rapat koordinasi teknis penerapan Siswaskeudes di Gedung Basel Command Center. Rapat koordinasi tersebut dihadiri Kepala Inspektorat Marpaung, Plt Kepala Dinas Pemdes Reza Pahlevi dan Plt Kadiskominfo Yuri Siswanto.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button