babelhebatBeritaDesaHukumNasional/InternasionalPT Timah Tbk

TI Tungau Menjamur di Desa Delas, Tim Pidsus Polres Bangka Selatan Lakukan Penertiban

PERSONEL tim pidana khusus Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Bangka Selatan bersama unit Reskrim Polsek Airgegas menertibkan aktivitas penambangan pasir timah jenis Tambang Inkonvensional atau TI Tungau di Desa Delas, Senin (15/1/2024) siang.

Aktivitas penambangan tersebut beroperasi di kawasan Areal Penggunaan Lain (APL) dalam Wilayah Izin Usaha Penambangan (WIUP) milik PT Timah Tbk.

Sebelumnya tim Pidsus menerima laporan dari masyarakat, bahwa di kawasan tersebut marak aktivitas penambangan timah tanpa izin yang dikerjakan oleh masyarakat desa setempat.

Alhasil, dari penertiban tersebut ditemukan 26 unit tambang timah jenis tungau (skala kecil) menggarap kawasan APL milik WIUP PT Timah Tbk.

“Peralatan tambang berupa mesin robin dan alat pendukung lainnya dibawa dan diamankan ke Polres Bangka Selatan sebagai barang bukti hasil dari penertiban,” kata Kasat Reskrim Polres Basel, AKP Tiyan Talingga.

Pekerja dan pemilik tambang tersebut, lanjut Tiyan, tidak dilakukan penahanan, namun dengan catatan membuat surat pernyataan bahwa tidak akan melakukan aktivitas penambangan tanpa izin di kawasan yang dimaksud.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan penambangan tanpa Izin.
Mengimbau kepada masyarakat apabila menemukan aktivitas penambangan tanpa izin untuk segera melaporkan ke pihak kepolisian,” tegas Tiyan.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button