babelhebatBeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Hari Ini Kapal Roro Rute Sadai-Tanjung Gading Lepar Mulai Beroperasi

KAPAL angkutan penumpang dan barang rute Pelabuhan Sadai ke Tanjung Gading Lepar, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai beroperasi pada Minggu (7/1/2024) pekan ini.

Hal ini dibuktikan dengan diresmikannya pelayaran kapal (Roro) rute Sadai-Tanjung Gading oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid bersama Anggota DPR RI Rudianto Tjen, GM ASDP Bangka, Dinas Perhubungan Babel serta Forkopimda Basel, Jumat (5/1).

“Pelayaran perdana lintasan keperintisan Sadai-Tanjung Gading telah kita resmikan, karena itu kita menyampaikan kepada seluruh masyarakat baik di Kabupaten Bangka Selatan maupun dari luar Bangka Selatan bahwa rute Sadai ke Tanjung Gading, Lepar dan sebaliknya sudah dapat dilalui menggunakan kapal roro,” kata Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid.

Baca Juga : Pemkab Bangka Selatan Dapat Predikat Zona Hijau dari Ombudsman Babel

Pelayaran kapal roro, lanjutnya, dalam waktu dekat akan dioperasikan oleh pihak ASDP Bangka bekerja sama dengan Dinas Perhubungan.

“Harapan kita, dengan terbukanya akses Pulau Lepar dengan sarana transportasi kapal roro ini, perputaran ekonomi di Pulau Lepar akan semakin meningkat,” ujar Riza.

IMG 20240106 WA0059

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Bangka Selatan, Muhammad Zamroni menjelaskan, operasional kapal roro di mulai pada Minggu (7/1) pekan ini, dengan frekuensi pelayaran satu kali dalam sepekan.

“Waktu tempuh pelayaran kurang lebih selama 45 menit,” jelas Zamroni.

Biaya atau tarif, kata Zamroni, untuk satu orang penumpang dalam satu kali perjalanan lima belas ribu rupiah khusus dewasa dan tiga ribu dua ratus rupiah untuk bayi atau anak-anak.

“Kendaraan golongan I Rp 32.800, golongan II Rp 56.800 dan golongan III Rp 124.800. Golongan IV sampai dengan golongan VI mulai dari Rp 234.000 sampai dengan Rp 576.600,” kata Zamroni.

Jam keberangkatan, lanjutnya, dari Pelabuhan Sadai pukul 10.00 WIB dan dari Tanjung Gading pukul 13.00 WIB.

“Informasi jadwal dan biaya keberangkatan dapat menghubungi petugas ASDP di Pelabuhan Sadai, Achmad Sholeh ke nomor tujuan 081231022366 dan Reksi 081379547997,” tegas Zamroni.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button