babelhebatNasional/InternasionalPemerintahanRiza Debby

Tahun 2023 di Bangka Selatan Terdata 100.355 Orang Bekerja

DINAS Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan merilis pada tahun 2023 terdapat 100.355 orang bekerja dan memiliki pekerjaan.

Jumlah tersebut berdasarkan data yang dirangkum oleh Badan Pusat Statisik (BPS). Demikian hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kominfo Pemkab Bangka Selatan, Yuri Siswanto, Kamis (4/1/2024).

Yuri menjelaskan, dari jumlah tersebut terdapat 68.552 orang pekerja laki-laki dan 31.803 orang merupakan pekerja perempuan. Sebaliknya untuk pengangguran terdata 3.232 orang laki-laki dan 1.870 orang perempuan dari jumlah 5.103 orang yang terdata sebagai pengangguran.

“Bila melihat dari sisi lapangan usaha, 32,98 persen pekerja bekerja di sektor pertanian. Sedangkan sisanya tersebar di berbagai sektor usaha lainnya,” kata Yuri.

Baca Juga : Pengangguran di Bangka Selatan Menurun

Hal tersebut, lanjut Yuri, sejalan dengan struktur ekonomi Bangka Selatan. Mengingat 40,32 persen di antaranya digerakkan dari sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kehutanan.

“Ini bermakna, bahwa roda perekonomian Bangka Selatan masih sangat bergantung pada sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kehutanan,” ujar Yuri.

Menurutnya, melihat dari satu sisi, pencapaian tersebut merupakan hal yang patut di syukuri. Namun demikian, pemerintah daerah harus terus berfokus pada upaya menekan angka pengangguran.

“Menciptakan lapangan usaha di sektor-sektor ekonomi kreatif dan UMKM, termasuk menjadi alternatif solusi. Mengingat pada kedua sektor tersebut terjadi peningkatan nilai tambah produk atau sering kita dengar dengan istilah hilirisasi,” tuturnya.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button