babelhebatBeritaNasional/InternasionalPemerintahanRiza Debby

Tutup Tahun 2023, Pemkab Bangka Selatan terima Penghargaan dari KI Babel

PEMERINTAH Kabupaten Bangka Selatan menerima piagam penghargaan dari Komisi Informasi atau KI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Piagam penghargaan dengan kategori informatif sebagai badan publik ini diterima oleh Pelaksana tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Basel, Yuri Siswanto mewakili Bupati Basel Riza Herdavid, Rabu (20/12/2023) malam, di Hotel Bangka City Pangkalpinang.

“Alhamdulillah, menutup tahun 2023 kita (Pemkab Bangka Selatan) mendapat penghargaan dari KI Babel,” kata Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, Kamis (28/12).

Menurutnya, dengan menerima penghargaan tersebut setidaknya dapat menjadi penyemangat baru bagi dinas terkait, khususnya Diskominfo dalam hal urusan komunikasi dan informasi untuk kepentingan publik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran dinas di Pemkab Bangka Selatan, dan khususnya Diskominfo atas prestasi ini. Termasuk juga kepada teman-teman media dan wartawan yang selama ini telah menjadi bagian, mitra kerja yang aktif dalam menyampaikan informasi yang edukatif dan konstruktif kepada masyarakat,” ujar Riza, dengan slogannya ‘Asak Kawa Kite Pacak’.

Sementara itu, Plt Kadiskominfo Pemkab Bangka Selatan Yuri Siswanto menambahkan, Pemkab Basel pada tahun 2023 berhasil naik ke level tertinggi atas status penyelenggaraan informasi publik dari KI Babel, dengan status informatif yang sebelumnya

“Saat ini kita (Pemkab Bangka Selatan) sudah berpredikat informatif dan naik dari tahun sebelumnya yang masih berstatus menuju informatif,” jelas Yuri.

Dijelaskannya, bahwa ada lima level status penyelenggaraan informasi publik yang menjadi kewajiban setiap badan publik. Level informatif dengan nilai 90-100, level menuju informatif nilai 80-89,9, level cukup informatif nilai 60-79,9, level kurang informatif nilai 40-59,9 dan terakhir level tidak informatif nilai 0-39,9.

“Ini semua tentunya berkat kolaborasi yang baik antar OPD atau dinas. Artinya, tidak hanya dari Kominfo, tetapi juga seluruh perangkat daerah yang juga menjalankan komunikasi dan informasi publik dengan baik,” kata Yuri.

Karena itu, lanjut Yuri, dinasnya menyelenggarakan kompetisi penyebarluasan informasi publik antar dinas melalui platform media website dan media sosial.

“Tujuan utama dari kompetisi itu agar masyarakat mengetahui informasi pembangunan ataupun program kerja yang diselenggarakan oleh masing-masing dinas,” tuturnya.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button