babelhebatBeritaDesaHukumNasional/InternasionalPemerintahanRiza Debby

Bangka Selatan Peduli HAM, Ini Buktinya

KEMENTERIAN Hukum dan HAM RI menyematkan Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebagai kabupaten peduli HAM.

Hal itu dibuktikan dengan piagam penghargaan yang diterima oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid didampingi Wakilnya Debby Vita Dewi bersama Camat Airgegas, Imam Mubarak bertepatan dengan HUT ke 20 Desa Tepus, Rabu (28/12/2023).

Piagam penghargaan ini diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hukum dan HAM Babel, Harun Sulianto.

“Kita semua patut bergembira. Bangka Selatan tahun ini (2023) terus mendapatkan apresiasi dari berbagai lembaga baik pusat maupun daerah. Ini semua tidak lepas dari kolaborasi yang baik dari semua pihak,” kata Riza, sapaan akrab Bupati Basel tersebut.

Diketahui, bahwa Kabupaten Bangka Selatan merupakan salah satu daerah (kabupaten) dengan hasil predikat sebagai kabupaten peduli HAM. Kabupaten peduli HAM merupakan sebuah situasi daerah dengan kondisi hak dasar yang didapatkan oleh masyarakat sudah terpenuhi dalam parameter penilaian tim kementrian.

Penilaiannya itu yakni bidang pendidikan, kesehatan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan serta keberlanjutan. Ini artinya, sekaligus mencerminkan bahwa program-program pemerintah daerah telah menyasar pemenuhan hak dasar masyarakat Bangka Selatan.

“Sejak awal kepemimpinan kami (Riza-Debby), pemenuhan hak dasar masyarakat memang kami tempatkan sebagai prioritas utama,” jelas Riza.

Hak dasar masyarakat yang menjadi prioritas utama Pemkab Bangka Selatan, lanjutnya seperti pelayanan berobat gratis, bantuan perlengkapan sekolah, bantuan UMKM, bantuan pertanian yakni bibit sawit dan pupuk, serta bantuan untuk emak-emak (ibu-ibu) dalam program Aik Bakung dan berbagai program lainnya.

“Bantuan yang disalurkan secara langsung kepada masyarakat dan maupun dalam program berobat gratis utamanya itu ditujukan untuk pemenuhan hak dasar masyarakat,” ujar Riza.

Riza menambahkan, program yang telah diprioritaskan Pemkab Bangka Selatan, akan terus konsisten dijalankan untuk kepentingan masyarakat sehingga masyarakat merasakan langsung atas kehadiran pemerintah ditengah-tengah masyarakat.

“Kita, Pemkab Bangka Selatan hadir ditengah masyarakat, karena kita adalah pelayan masyarakat. Hadirnya kita, pemerintah ditengah masyarakat sekaligus membawa solusi, kita berikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat,” tegas Riza.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button