babelhebatBeritaNasional/InternasionalPemerintahanRiza Debby

Proyek Pasar Rakyat Toboali Telan Puluhan Miliar Rupiah, Dikerjakan PT Beringin Jaya Perkasa

PROYEK pembangunan pasar rakyat Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai dikerjakan. Proyek ini menelan anggaran puluhan miliar rupiah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun 2023-2024, yang merupakan uang milik rakyat.

Proyek tersebut milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Direktorat Jenderal Cipta Karya, dikerjakan oleh pihak ketiga (swasta) yakni PT Beringin Jaya Perkasa dengan nilai kontrak pekerjaan senilai Rp 34.338.093.000.

Proyek ini terealisasi atas buah hasil dari kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2022 lalu saat menyerahkan bantuan sosial kepada para penerima manfaat di pasar rakyat Toboali.

20231206 161120 scaled

Alhasil, kunjungan kepala negara saat itu langsung dimanfaatkan oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid dengan menyerahkan dokumen Detail Engineering Design atau DED atas rencana pengembangan dan pembangunan pasar rakyat Toboali.

“Alhamdulillah. Apa yang saya sampaikan kepada presiden disambut langsung oleh presiden dengan meminta DED (Detail Engineering Design) pembangunan pasar,” kata Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid saat itu.

Riza, begitu sapaan akrabnya tersebut menjelaskan, dokumen DED merupakan dasar bagi Pemkab Bangka Selatan untuk pengembangan dan pembangunan pasar. Karena itu, DED tersebut diminta oleh presiden.

20231206 161232

“Semoga apa yang kita rencanakan selama ini dapat terealisasi dengan baik. Mohon doa dan dukungannya dari masyarakat agar Bangka Selatan, kabupaten yang kita cintai ini dapat melangkah sangat maju dalam hal pembangunan,” ujar Riza.

Riza menegaskan, bahwa selama kepemimpinannya bersama Wakilnya Debby Vita Dewi, akan terus berjuang membangun Kabupaten Bangka Selatan menjadi lebih baik dan semakin terarah.

“Karenanya itu, doa dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat sangat diharapkan,” tutur Riza.

Diketahui, bahwa pasar rakyat Toboali mulai berdiri sejak dari tahun 1969 dan baru kali pertama dikunjungi oleh Kepala Negara yaitu Presiden RI.

“Alhamdulillah. Hidayah dari Allah SWT pasar Toboali, Bangka Selatan dikunjungi oleh RI 1 Presiden Joko Widodo. Selama berdirinya pasar Toboali pada tahun 1969 hingga sekarang dikunjungi Pak Jokowi (Presiden). Luar biasa Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Bangka Selatan diera sekarang,” kata salah satu pengurus pasar rakyat Toboali, Junai.

Selama proses pembangunan atau renovasi pasar rakyat Toboali, para pedagang yang terkena dampak dari pembangunan tersebut dipindahkan sementara waktu untuk berjualan di depan pasar terminal Toboali.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button