babelhebatBeritaNasional/InternasionalPertanian/PerikananPT Timah Tbk

Musim Udang PT Timah Tbk Salurkan Bantuan Jaring ke KUBE Nelayan Anugrah Pangkalpinang

NELAYAN Pangkalpinang yang tergabung di Kelompok Usaha Bersama atau KUBE Anugrah Kelurahan Temberan, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerima bantuan jaring udang dari PT Timah Tbk.

Bantuan jaring tersebut sangat tepat, mengingat saat ini telah memasuki musim udang sehingga dapat membantu peningkatan hasil tangkap nelayan.

Ketua KUBE Anugrah Bondan (44) menjelaskan, bantuan jaring udang yang diterima kelompoknya dari PT Timah sebanyak 100 pcs. Bantuan tersebut akan segera dibagikannya ke anggota kelompok.

“Bantuan ini sangat tepat karena memasuki bulan Desember mulai bersiap untuk menjaring udang,” kata Bondan.

Bondan bersyukur atas bantuan jaring udang yang diterimanya dari PT Timah Tbk.

Alhamdullilah, sebanyak 100 pcs bantuan jaring udang dari PT Timah. Bantuan ini sangat tepat karena pada pertengahan Desember 2023 hingga Februari 2024 musim udang,” ujar Bondan.

Menurutnya, kalau harus membeli jaring sendiri butuh biaya yang cukup besar, hingga mencapai ratusan ribu rupiah untuk 3 sampai 5 pcs jaring.

“Karena itu, kami sangat bersyukur sekali dengan adanya bantuan dari PT Timah ini. Jika kami harus membeli jaring udang ini agak susah, karena harganya lumayan tinggi dan rata-rata anggota kami hanya mampu membeli 3 sampai 5 pcs saja. Harganya itu dikisaran dua ratusan ribu rupiah per pcsnya, dan ini cukup berat bagi kami untuk membelinya,” jelas Bondan.

Selain dengan adanya bantuan jaring udang dari PT Timah Tbk, lanjutnya, kehadiran armada pertambangan milik PT Timah Tbk di wilayah tangkap nelayan juga sangat membantu dalam meningkatkan jumlah hasil tangkapan.

“Rata-rata kami hanya mampu mengangkat 5 hingga 7 kilogram udang, itu pun karena jaringnya terbatas, namun dengan adanya bantuan dari PT Timah ini tentu kami berharap pendapatan kami dapat lebih meningkat lagi berkali-kali lipat, sebab jaringnya juga sudah lumayan panjang yang kami dapatkan. Selain itu, dengan adanya kapal isap, udang bakal datang, karena dengan adanya kapal isap di aliran pembuangan air yang keruh tersebut udang pasti pada ngumpul,” tuturnya.

Diakui Bondan, aktivitas penambangan juga memberikan dampak positif untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan. Hal tersebut telah dibuktikannya dengan memancing ikan pada jarak 200 sampai 300 meter dari kapal isap. Artinya, secara tidak langsung memberikan dampak yang positif.

“Secara tidak langsung, dampak dari kegiatan penambangan ini berdampak positif juga untuk kami para nelayan. Ini juga menjadi harapan bagi kami dengan adanya kegiatan pertambangan yang dilakukan oleh PT Timah, dan juga kegiatan penambangan ini tidak mengganggu sama sekali, malahan kami senang. Selain udang, potensi ikan yang ada disini ada ikan kakap, ikan duri dan banyak jenis ikan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga : PT Timah Tbk Peduli Penyandang Disabilitas, Ini Buktinya

Senada diutarakan Abdul Hayat (68) yang merupakan anggota KUBE Anugrah. Diakuinya, bahwa kehadiran armada milik PT Timah Tbk tersebut turut membantu mereka dalam meningkatkan hasil tangkapan.

“Saya ini dari kecil sudah melaut, seumur-umur saya kerjanya melaut. Sebelum ada kapal isap ini, kami mendapatkan ikan sekitar 4 sampai 6 kilogram, tapi dengan adanya kapal isap ini kami sempat mendapatkan belasan kilogram ikan,” jelasnya.

Bahkan diakuinya, dengan adanya penambangan di wilayah mereka dapat membantu meningkatkan hasil tangkapan mereka.

“Dengan adanya kapal isap dari PT Timah ini tidak menggangu sama sekali bagi kami para nelayan, bahkan dengan adanya kapal isap ini, mengundang ikan dan udang untuk datang, sebab plankton dan cacing-cacing dalam tanah itu untuk keluar, jadi ikan dan udang itu datang untuk memakannya,” kata Abdul.

Selain itu, lanjutnya, bahkan saat ada kapal keruk dulunya pernah mendapatkan 40 an kilogram udang.

“Itu dari pagi hingga sore untuk mengambil udang yang terjaring di pukat, sebab lumayan lama mengambil udang yang terjaring tersebut,” ujar Abdul.

Abdul mengaku senang kelompoknya mendapatkan bantuan jaring udang dari PT Timah Tbk, meski sebelumnya mereka tak pernah menyangka bisa mendapatkan bantuan tersebut.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button