babelhebatBeritaNasional/InternasionalPemerintahanPolitikRiza Debby

APBD 2024, Eksekutif dan Legislatif Sepakat Anggaran Belanja Bangka Selatan Rp 1 Triliun

PEMERINTAH Kabupaten Bangka Selatan dan DPRD telah menyepakati bersama atas struktur rancangan APBD 2024. Hal ini ditandai dengan rapat paripurna tentang pengambilan keputusan Raperda APBD dan Propemperda 2024, Rabu (29/11/2023) di Gedung Mahligai DPRD Basel.

Kesepakatan tersebut dengan memperhatikan kapasitas fiskal serta intervensi program prioritas untuk menjawab indikator pembangunan yang dihadapi dan diwujudkan pada tahun mendatang.

“Anggaran 2024 yang telah kita sepakati bersama dengan memperhatikan kapasitas fiskal serta intervensi program prioritas untuk menjawab indikator pembangunan yang kita hadapi dan harus kita wujudkan secara bersama-sama,” kata Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi dalam rapat paripurna tersebut.

Adapun struktur rancangan APBD 2024 yakni untuk pendapatan diproyeksikan sebesar Rp 927.778.187.884 dan belanja diproyeksikan sebesar Rp 1.013.335.903.957.

Debby menjelaskan, bahwa struktur APBD yang disampaikannya tersebut sama persis dengan apa yang telah disampaikan pada penyampaian RAPBD sebelumnya.

“Struktur APBD yang saya sampaikan tadi sama persis dengan apa yang telah kami sampaikan pada penyampaian RAPBD sebelumnya. Hal tersebut menunjukkan konsistensi, kesepahaman dengan tujuan bersama untuk menghadirkan rumusan program beserta anggaran yang tentunya bisa menjawab tantangan dan target pembangunan yang harus kita hadapi dan harus kita wujudkan bersama,” ujarnya.

Debby menambahkan, tema pembangunan pada tahun 2024 “Meningkatkan kualitas pelayanan dasar, peningkatan perekonomian daerah dan kualitas infrastruktur berkelanjutan secara inovatif, kreatif dan kolaboratif”. Dengan tema ini, dipastikannya bahwa Pemkab Bangka Selatan optimis untuk mencapai target capaian indikator pembangunan yakni laju pertumbuhan ekonomi tercapai diangka 3,75 persen. Angka kemiskinan turun diangka 3,20 persen. Pengangguran terbuka turun diangka 4,0 persen dan inflasi bisa terkendali dibawah angka 3,0 persen.

“Selain itu, indeks gini bisa dipertahankan diangka 0,22 persen indeks pembangunan manusia naik diangka 69,0 persen,” jelasnya.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button