babelhebatBeritaEkbisNasional/InternasionalPariwisata/HiburanPemerintahanRiza Debby

UMKM Fair 2023 di Bangka Selatan Dongkrak Ekonomi Daerah

FESTIVAL Pesona UMKM Bangka Selatan atau UMKM Fair 2023 selama tiga hari (Selasa-Kamis) di Kawasan Sport Center Parit Tiga Toboali, diikuti lebih dari 200 pelaku UMKM.

Festival UMKM ini tidaklah lain untuk mendongkrak perekonomian daerah, khususnya pelaku usaha kecil menengah di samping sebagai ajang mempromosikan produk lokal seperti makanan kuliner, ekonomi kreatif dan lain sebagainya.

Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi menjelaskan, tujuan utama dari festival UMKM, dalam rangka untuk membantu meningkatkan pendapatan para pelaku UMKM dan IKM.

Selain itu, sebagai ajang dalam mempromosikan produk UMKM yang muara akhirnya berdampak pada perekonomian daerah.

Baca Juga : Akhir November Bangka Selatan Mempesona, ada Festival UMKM dan Tipe-X Band

Dua Hari Lagi Parit Tiga Toboali Bakal Diserbu X-Friend, Salam Rindu dan Selamat Jalan Bersama Tipe-X Band

“Tujuan dari kegiatan ini adalah kami pemerintah daerah ingin pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bangka Selatan terus tumbuh dan berkembang. Pastinya kegiatan ini untuk membantu pelaku UMKM untuk memasarkan dan mempromosikan produk UMKM kepada masyarakat luas. Alhamdulillah, berdasarkan laporan dari panitia pelaksana sekitar 200 lebih pelaku UMKM ikut festival pesona UMKM ini,” kata Debby, dengan slogannya ‘Asak Kawa Kite Pacak’ saat membuka Festival UMKM 2023, Selasa (28/11) malam.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar serangkaian kegiatan bertajuk ‘Festival Pesona UMKM’ di kawasan stadion Parit Tiga Toboali.

Menariknya festival ini dilaksanakan selama tiga hari sedari tanggal 28-30 November 2023, dengan menghadirkan Tipe-X Band pada malam puncak atau malam terakhir.

Selama tiga hari, berbagai rangkaian acara akan menghiburkan para pengunjung diantaranya pentas seni tari kreasi, hiburan musik band lokal, lomba mewarnai, gerbek UMKM, fashion show, senam, lomba memasak lempah kuning, pentas musik dan penyerahan UMKM award.

Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Basel Hefi Nuranda menjelaskan, tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ‘Festival Pesona UMKM’, dalam rangka untuk meningkatkan penguatan ekonomi dan menciptakan peningkatan ekonomi pelaku UMKM serta kunjungan wisatawan ke ujung selatan Pulau Bangka.

“Sebagaimana prioritas pimpinan, salah satunya dari empat program unggulannya adalah terkait dengan UMKM. Jadi diharapkan setiap event apapun dan semakin banyak event yang digelar semakin banyak pula dampaknya terhadap UMKM, dan perekonomiaan masyarakat Bangka Selatan pada umumnya,” kata Hefi saat rapat koordinasi persiapan di Kantor Sekretariat Daerah, Jumat (17/11).

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button