babelhebatBeritaNasional/InternasionalPemerintahan

Dukung Kemerdekaan Pers, Letnan Jenderal TNI (Purn) M Yunus Yosfiah terima Trofi Anugerah Dewan Pers

MANTAN Menteri Penerangan di masa pemerintahan Presiden BJ Habibie, Letnan Jenderal TNI (Purn) M Yunus Yosfiah menerima trofi Anugerah Dewan Pers 2023, sebagai Tokoh Masyarakat pendukung Kemerdekaan Pers.

Penyerahan trofi dilakukan oleh Anggota Dewan Pers Asmono Wikan sekaligus Ketua Panitia Anugerah Dewan Pers 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Yunus banyak mengenang situasi pers di masa ia menjabat sebagai Menteri Penerangan. Yunus yang pernah mengenyam pendidikan militer di Amerika Serikat, memandang bahwa untuk ukuran negara sebesar Indonesia, jumlah penerbit pers yang hanya sekitar 280 perusahaan saat itu, tahun 1998/1999, terlalu sedikit. Lahirlah kemudian kebijakan pelonggaran Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP) yang bisa terbit hanya dalam waktu tiga hari.

Di masa kepemimpinannya, jumlah penerbitan pers bahkan mencapai lebih dari 1200 perusahaan, hanya dalam tempo enam bulan setelah pelonggaran kebijakan SIUPP ia terapkan.

“Waktu itu saya melapor dulu kepada presiden Habibie sebelum mengeluarkan kebijakan kemudahan pengurusan SIUPP tersebut,” kata Yunus dengan ingatan yang masih kuat, dikutip dari laman resmi Dewan Pers.

Karena itu, atas jasa dan kebijakannya tersebut, Anugerah Dewan Pers 2023 mengganjarnya sebagai pemenang kategori Tokoh Masyarakat pendukung kemerdekaan pers.

“Saya sangat berterima kasih atas penghargaan ini. Semoga pers Indonesia semakin maju,” ucap Yunus saat menerima trofi ADP di kediamannya, Jakarta Barat, Kamis (23/11).

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button