babelhebatBeritaNasional/InternasionalPemerintahanPendidikanPT Timah Tbk

Dukung Dunia Pendidikan di Pulau Belitung, PT Timah Salurkan 229 Eksemplar Buku Mapur ke Disdikbud Belitung dan Beltim

UNTUK mendukung literasi tentang kebudayaan masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan 229 eksemplar buku Mapur Mendulang Kisah Meraup Berkah, Selasa (28/11/2023).

Buku tersebut diserahkan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Belitung 126 eksemplar dan ke Disdikbud Kabupaten Belitung Timur 103 eksemplar.

Buku tersebut menceritakan tentang adat dan kebudayaan masyarakat Adat Mapur di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bantuan buku ini sebagai komitmen PT Timah Tbk dalam mendukung peningkatan dunia pendidikan di Kepulauan Babel, diantaranya di Pulau Belitung.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Belitung Timur, Dedy Wahyudi mengatakan, bantuan buku dari PT Timah Tbk merupakan langkah positif, guna menambah literasi, pengembangan wawasan dunia pendidikan di Belitung Timur.

“Buku ini akan kita distribusikan ke 103 sekolah dasar dan ke 22 sekolah menengah pertama di Belitung Timur,” jelas Dedy.

Dedy menambahkan, dinasnya (Disdikbud) akan mendorong guru-guru untuk berkontribusi yang sama dalam hal menyusun buku, baik tema yang sama atau lainnya, guna bekerja sama dengan PT Timah Tbk.

Diakuinya, bahwa PT Timah Tbk sangat positif dalam memajukan dunia pendidikan di Belitung Timur.

“PT Timah Tbk berkontribusi positif, dan masih ada yang perlu dikembangkan dalam program merdeka belajar nantinya,” kata Dedy berharap, PT Timah Tbk untuk terus komitmen dan meningkatkan perannya dalam membantu usaha peningkatan mutu pendidikan.

“Artinya, PT Timah Tbk dapat mendukung program-program yang bisa disinergikan bersama pemerintah daerah dalam hal pendidikan dan kebudayaan,” ujar Dedy.

Senada diutarakan Kepala Disdikbud Belitung Soebagio mengapresiasi PT Timah Tbk telah menyalurkan bantuan buku yang berkaitan dengan sejarah di Bangka Belitung, yakni dengan buku berjudul Mapur.

“Tentu buku itu merupakan salah satu media dalam proses pembelajaran yang berkaitan dengan literasi sekolah, siswa-siswi di sekolah untuk gemar membaca,” kata Bagio.

Karena itu, lanjutnya, bantuan buku tersebut merupakan suatu bahan pengetahuan tambahan dalam proses pembelajaran di sekolah.

“Buku yang kita terima ini, akan kita salurkan kembali melalui bidang masing-masing baik sekolah dasar maupun sekolah menengah pertama,” ujarnya mengakui, bahwa kontribusi PT Timah Tbk pada dunia pendidikan di Kabupaten Belitung sudah banyak dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Bagio berharap, apa yang telah dilakukan PT Timah Tbk dalam dunia pendidikan agar dipertahankan serta ditingkatkan lagi.

“Silaturahmi dan koordinasi antara PT Timah Tbk dengan Pemkab Belitung terus terjalin dan semakin meningkat kedepannya,” tutur Bagio.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button