babelhebatBeritaNasional/InternasionalPemerintahanPendidikanRiza Debby

Proyek Gedung Perpustakaan Basel Rampung Tepat Waktu, Sedot Anggaran Rp 9 Miliar Lebih

PROYEK pembangunan gedung baru ‘perpustakaan’ di kawasan Komplek Perkantoran Parit Tiga Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, rampung dikerjakan tepat pada waktunya.

Proyek tersebut menelan biaya senilai Rp 9.750.000.000. Biayanya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022.

Alhasil, proyek yang dikerjakan sejak Maret 2023, selesai tepat pada waktunya sesuai dengan kontrak kerja, hingga akhirnya diresmikan oleh Bupati Basel Riza Herdavid didampingi Wakilnya Debby Vita Dewi serta Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Mariana Ginting, Rabu (22/11).

Tujuan utama dari pembangunan gedung baru ‘perpustakaan’ ini tak lain agar dapat lebih bermanfaat bagi daerah, pelajar dan masyarakat pada umumnya. Muara akhirnya untuk meningkatkan minat baca.

BACA JUGA : Bangun Gedung Perpustakaan, Hasil Perjuangan Riza-Debby Jemput Anggaran Pusat

“Harapan kami, dengan dibangunnya gedung perpustakaan ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Bangka Selatan untuk kegiatan literasi, berinovasi, berkreativitas dan berdiskusi. Artinya, ini tempat untuk umum, jadi sayang kalau tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat,” kata Mariana Ginting.

BACA JUGA : Ribuan Judul dan Buku Lama Hiasi Perpustakaan Bangka Selatan, Terdata Selama 6 Tahun Hanya 604 Orang Anggota Perpustakaan

Marina menambahkan, dukungan dari Perpusnas RI nantinya, akan menghibahkan sejumlah buku ke perpustakaan Bangka Selatan.

“Bantuan dari kita berupa buku, nanti akan kita hibahkan buku ke perpustakaan Bangka Selatan,” jelas Mariana.

Peresmian gedung perpustakaan ini, dihadiri Sejarahwan dan Budayawan Babel Akhmad Elvian, Dandim 0432/Basel Letkol Inf Gani Rachman, Kajari Riama Sihite dan para pejabat di lingkungan Pemkab Basel.

BACA JUGA : 

Sumadi Pastikan Proyek Gedung Perpustakaan Selesai Oktober 2023

Dukung Dunia Pendidikan, PT Timah Tbk Serahkan 1.050 Eksemplar Buku Mapur ke Dinas Pendidikan Bangka Belitung

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button