babelhebatBeritaNasional/InternasionalPariwisata/HiburanPemerintahanPT Timah Tbk

Perlombaan Jong Sampan Dapat Dukungan dari PT Timah Tbk

MENDUKUNG pelestarian permainan tradisional di wilayah operasional perusahaan, PT Timah Tbk ikut berpartisipasi dalam perlombaan jong sampan yang diselenggarakan Pemuda Mukalimus, Kelurahan Sawang Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimum.

Lomba jong sampan merupakan permainan tradisional masyarakat Melayu, khususnya masyarakat nelayan pesisir untuk menjaga warisan budaya agar tidak punah dan hilang tergerus oleh zaman.

Perlombaan jong sampan ini juga menjadi daya tarik wisatawan lokal, maupun dari luar daerah karena ingin menyaksikan perlombaan sampan.

Lomba ini juga sekaligus medium untuk mengenalkan, melestarikan permainan tradisional kepada generasi berikutnya agar dapat terus lestari. Karena itu, menjadi agenda tahunan masyarakat Mukalimus, Kelurahan Sawang.

Pada perlombaan tahun ini diikuti sekitar 300 peserta yang terbagi menjadi dua kategori yaitu jong besar yang diikuti sekitar 187 peserta dan jong ukuran kecil diikuti 120 peserta.

Peserta lomba ini tidak hanya masyarakat Pulau Kundur, namun juga dari Karimun, Moro, Durai hingga Penyalai Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.

“Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada PT Timah Tbk atas bantuan yang telah diberikan sehingga kegiatan yang kami laksanakan dapat berjalan dengan sukses,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan Samsul.

BACA JUGA : Enam Orang Perwakilan Presidium Babel asal Basel Merapat ke Pangkalpinang

Salah satu warga, Naim mengakui, bahwa masayarakat setempat sangat senang dengan adanya kegiatan perlombaan jong ini.

“Selain untuk mempererat silaturahmi antar masyarakat dari berbagai daerah juga sebagai hiburan. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan karena ini warisan budaya asli masyarakat Melayu,” ujar Naim.

BACA JUGA : Bantuan PT Timah Tbk untuk Pembangunan Masjid Al Ihsan Belitung Timur

Sementara itu, Camat Kundur Barat Yusufian mengapresiasi dukungan PT Timah Tbk yang mendukung beragam kegiatan masyarakat, termasuk pelestarian budaya.

“Semoga sinergitas antara masyarakat dengan perusahaan dapat terus ditingkatkan sehingga masyarakat mendapatkan perhatian,” tuturnya.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button