DINAS Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bangka Selatan, rencananya dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terkait pengawasan terhadap orang asing atau Warga Negara Asing (WNA) yang berada di daerah, khususnya di ujung selatan pulau Bangka.

Koordinasi tersebut berkenaan dengan keberadaan sejumlah warga yang diduga bernegara asing atau WNA sejak hampir 2 bulan terakhir berkeliaran di pusat perbelanjaan pasar tradisional Toboali, tepatnya di pasar pelataran parkir terminal Toboali.

“Insyaallah, dalam waktu dekat ini kami akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi. Pastinya, hari Jum’at, 20 Oktober 2023 kami ke Kantor Imigrasi,” kata Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Bangka Selatan, Evisastra, Rabu (18/10).

Baca Juga : Warga Negara Asing Berkeliaran di Pasar Toboali

Sastra, begitu sapaan akrabnya tersebut menjelaskan, Kesbangpol merupakan salah satu bagian yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di daerah atau kabupaten.

Karena itu, lanjutnya, keberadaan orang asing yang berkeliaran di daerah menjadi tanggung jawab Kesbangpol bersama pihak terkait lainnya dalam hal ini TIMPORA kabupaten untuk melakukan pengawasan.

Baca Juga : Jadi Pertanyaan Publik terkait Dua Rumah di Toboali Didatangi Tim Penyidik Kejagung RI

“Terkait dengan keberadaan orang asing atau Warga Negara Asing yang diduga berkeliaran di pusat perbelanjaan seperti di pasar pelataran parkir terminal Toboali, akan segera kita koordinasikan dengan pihak Imigrasi Pangkalpinang,” ujar Sastra.

VideoCapture 20231018 110814

Sastra menambahkan, setelah dari berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Pangkalpinang, dilanjutkan dengan rapat koordinasi antar TIMPORA di daerah. Hal ini, tujuannya untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap keberadaan WNA di daerah.

“Pengawasan terhadap keberadaan WNA tidak hanya menjadi tanggung jawab Kesbangpol, melainkan juga menjadi tanggung jawab dinas terkait lainnya yang tergabung di TIMPORA,” jelas Sastra.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warga yang diduga bernegara asing atau Warga Negara Asing (WNA) tampak berkeliaran di pusat perbelanjaan pasar tradisional Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Menurut informasi di lapangan, sejumlah WNA tersebut berkeliaran di pasar tradisional Toboali, tepatnya di pasar pelataran parkir terminal Toboali sejak hampir 2 bulan terakhir.

Sebelumnya pada tanggal 29 September 2023 terpantau 6 orang WNA dan pada 14 Oktober 2 orang WNA berkeliaran di pusat perbelanjaan yang sama.

Keberadaan para WNA ini, tentunya menjadi perhatian dan pertanyaan publik. Mengingat belum diketahui keberadaan mereka apakah bekerja, kunjungan wisata atau sedang melaksanakan penelitian.

Informasi lainnya menyebutkan, sejumlah WNA tersebut datang ke pasar pelataran parkir terminal Toboali dengan menggunakan 1 unit mobil berwarna hitam.