YAYASAN Rudi Center dan PDI Perjuangan Bangka Belitung (Babel) dinilai memiliki komitmen kuat untuk terus membantu masyarakat terbebas dari katarak.

Salah satu upaya yang dilakukan Rudi Center dan PDIP dengan menggelar bakti sosial operasi katarak gratis pada 6-8 Oktober 2023 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah, Kota Pangkalpinang.

Kali ini, melalui baksos tersebut Rudi Center dan PDIP Babel memfasilitasi 400 lebih orang se-Pulau Bangka untuk dilakukan pengobatan operasi katarak.

Anggota DPR RI Dapil Babel sekaligus pendiri Yayasan Rudi Center, Rudianto Tjen mengatakan, bahwa dirinya tidak membatasi peserta yang ingin mengikuti baksos tersebut.

Sebaliknya, politisi PDIP itu berharap, operasi katarak gratis tahun ini bisa diikuti oleh sebanyak-banyaknya pasien. Sehingga, hal tersebut akan menjadi upaya untuk terus menekan angka kebutaan di Bangka Belitung.

“Kita harapkan sekitar 500 penderita katarak bisa kita operasi pada tahun ini di Pulau Bangka, dan jangan lupa pada bulan November bulan depan, kita akan mengadakan operasi lagi di Pulau Belitung, jadi Bangka dan Belitung semua akan kita lakukan bakti sosial ini,” kata Rudianto Tjen, Jum’at (6/10).

Rudianto Tjen mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang didatangkan langsung dari Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, relawan Rudi Center maupun kader PDIP yang telah totalitas agar baksos tersebut berjalan lancar dan sukses.

“Terima kasih untuk teman-teman dokter kita, yang telah meluangkan waktunya datang dari Jakarta untuk membantu mengoperasi para pasien operasi katarak gratis pada kegiatan kita kali ini,” ujar Rudi, sapaan akrabnya.

“Saya juga berterima kasih kepada teman-teman saya dari PDI Perjuangan dari kader dari fraksi kita semua gotong royong, kita akhirnya bisa menyelenggarakan kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis tahun ini,” sambungnya.

Selain itu, Rudi juga mengucapkan terima kasih kepada awak media yang senantiasa mempublikasikan kegiatan ini, sehingga informasi baksos operasi katarak gratis bisa diketahui oleh masyarakat secara luas.

“Terima kasih kepada teman-teman media yang mempublikasikan kegiatan operasi katarak ini, sehingga banyak saudara-saudara kita yang selama ini tidak terjamah oleh informasi operasi katarak tetapi lewat media mereka akhirnya berbondong-bondong bisa mengikuti bakti sosial dari Rudi Center dan PDI Perjuangan ini,” jelas Rudi.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Babel, Didit Srigusjaya mengharapkan baksos operasi katarak kali ini dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang kurang mampu. Pasalnya, baksos yang telah berjalan belasan tahun sejak 2012 tersebut digelar secara gratis.

Tak hanya itu, Didit juga berkomitmen bahwa PDIP dan Rudi Center secara rutin akan terus berusaha menggelar baksos operasi katarak gratis untuk masyarakat setiap tahunnya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini besar manfaatnya untuk masyarakat, dan kami mohon didoakan semoga tahun 2024 kami bisa melaksanakan kegiatan seperti ini kembali atas doa dan dukungan masyarakat Bangka Belitung,” kata Didit.

“Maka dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, acara operasi katarak PDI Perjuangan bersama Pak Rudianto Tjen dinyatakan dibuka,” sambung Didit saat membuka secara resmi baksos tersebut.

Sementara, Direktur RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, dr. Della Rianadita mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara baksos operasi katarak gratis kali ini. Ia berharap seluruh rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Kami ucapkan terima kasih atas kepercayaan bapak-ibu semua untuk menyelenggarakan bakti sosial operasi katarak gratis ini. Kami menyambut baik kegiatan bakti sosial ini,” kata Della.

“Saya harap pasien-pasien nantinya dapat merasakan kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis ini berkesan dan menyenangkan bersama RSUD dan Rudi Center. Pulang dalam keadaan sehat wal afiat kembali dapat melihat indahnya dunia yang diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” tuturnya.