SEMBILAN desa di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 21 September 2023.

Sembilan desa tersebut meliputi Desa Air Buluh, Penagan, Kota Kapur, Zed, Labuh Air Pandan, Kecamatan Mendo Barat, Desa Dwi Makmur, Desa Balunijuk, Kecamatan Merawang, Desa Cit dan Desa Neknang, Kecamatan Bakam.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bangka, Dalyan Amrie menjelaskan, dinasnya telah melaksanakan rapat persiapan pendistribusi logistik Pilkades serentak gelombang II untuk 9 desa.

Rapat tersebut, kata Dalyan, membahas tentang mekanisme dan pengamanan pendistribusian logistik dari dinasnya ke desa yang melaksanakan pilkades. Pendistribusian logistik sehari sebelum hari H pelaksanaan, yakni pada 20 September 2023.

“Untuk TPS (Tempat Pemungutan Suara) terdapat 52 TPS tersebar di 9 desa, dengan surat suara 18.953 lembar ditambah cadangan surat suara 10 persen atau sebanyak 1.895 lembar beserta kotak suara, bilik suara, tinta, stiker dan lain sebagainya,” jelas Dalyan yang juga sebagai Ketua Panitia Pilkades tingkat kabupaten, Rabu (6/9).

Pengamanan dan pengawalan pendistribusian logistik, lanjut Daylan, dinasnya melibatkan pihak kepolisian dari Polres Bangka dan Satpol PP Bangka. Untuk itu, diharapkan kepada Panitia Pilkades di 9 desa agar dapat saling berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam hal ini Polsek dan Koramil guna melakukan pengamanan logistik saat tiba di kantor sekretariat panitia desa.

“Semua logistik yang diterima oleh Panitia Pilkades tingkat desa dari Panitia Pilkades tingkat kabupaten harus dibuatkan berita acaranya, begitu juga saat akan diserahkan ke KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) atau PPDus (Panitia Pemilihan Dusun),” ujar Daylan.

Daylan menambahkan, sebelum pendistribusian logistik akan dilaksanakan rapat koordinasi bersama dengan Bupati dan Forkompinda Bangka pada 18 September.

“Saat rapat koordinasi sekaligus juga dilaksanakan deklarasi damai yang diikuti oleh seluruh calon dari 9 desa yang menggelar pilkades,” tutur Daylan.