PARTAI politik peserta Pemilu 2024 diingatkan untuk segera melakukan perbaikan terhadap keabsahan dokumen Bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) sebelum 11 Agustus 2023 atau paling lama diserahkan ke Sekretariat Komisi Pemilihan Umum pada 11 Agustus 2023, pukul 23.59 WIB, khususnya untuk Bacaleg ‘DPRD’ Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Keabsahan dokumen Bacaleg merupakan salah satu syarat yang harus dilengkapi oleh partai politik peserta Pemilu 2024. Hal ini, mengingat pada 12 Agustus 2023 sesuai dengan tahapan KPU mulai melakukan penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS), yang selanjutnya untuk ditetapkan menjadi Daftar Calon Tetap (DCT). Artinya, sebelum DCS ditetapkan keabsahan dokumen Bacaleg dari masing-masing partai politik sudah harus lengkap dan Memenuhi Syarat (MS).

Ketua KPU Bangka Selatan, Muhidin kepada wartawan menjelaskan, bahwa terdapat 139 berkas dokumen Bacaleg dari 452 Bacaleg yang diajukan oleh 17 partai politik peserta Pemilu 2024 Belum Memenuhi Syarat (BMS). Hal tersebut diketahui berdasarkan hasil Verifikasi Administrasi (Vermak) terhadap kelengkapan dan keabsahan dokumen Bacaleg.

Baca Juga : Ratusan Bacaleg Rebut 30 Kursi Rakyat

“Dari 452 Bacaleg yang baru Memenuhi Syarat (MS) 313 Bacaleg, sedangkan 139 Bacaleg Belum Memenuhi Syarat (BMS) lantaran¬†dokumen administrasi yang diajukan masih banyak yang belum lengkap. Salah satunya terdapat dokumen yang ganda,” kata Muhidin usai penyampaian hasil Vermak perbaikan dan hasil akhir dokumen Bacaleg, di Kantor Sekretariat KPU Basel, Minggu (6/8).

Baca Juga : Ko Afat Pengusaha Lokal yang Sederhana, Bantu Pemerintah Atasi Pengangguran dan Ekonomi Daerah

Hasil Vermak tersebut, lanjut Muhidin, telah diserahkannya ke masing-masing partai politik untuk dilakukan perbaikan. Sesuai dengan tahapannya hingga 11 Agustus 2023.

“Kami berharap, partai politik dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk segera memperbaiki dan mengganti calon yang ganda, agar pada 12 Agustus 2023 penyusunan Daftar Calon Sementara atau DCS Bacaleg semuanya sudah lengkap dan memenuhi syarat,” tegasnya.