babelhebatHukumNasional/InternasionalPemerintahanPertanian/PerikananPolitik

Ketua DPRD Babel Bertemu Nelayan, Ini yang Dibahas

KETUA DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Herman Suhadi bertemu dengan sejumlah perwakilan massa yang mengatasnamakan nelayan Sungailiat.

Pertemuan ini lebih kepada pengondisian massa yang akan menggelar aksi damai di Kantor Gubernur Babel, Rabu (2/8/2023).

“Saya menerima surat, yang ditujukan kepada Ketua DPRD Bangka Belitung. Isinya ada beberapa organisasi masyarakat seperti HNSI Kabupaten Bangka, DPC SNNU dan beberapa lainnya. Mereka ingin melakukan audiensi dengan DPRD Bangka Belitung,” jelas Herman kepada wartawan di Rumah Makan Pangeran, Sungailiat, Selasa (1/8).

Baca Juga : Ketua DPRD Babel Serap Keluhan & Saran dari Wajib Pajak

“Audiensinya akan dihadiri seribu orang, dalam surat ini. Begitu,” lanjut Herman.

Diakuinya, ketika mendapat kabar itu, ia bergegas berdialog dengan Kepala Kejakasaan Tinggi Babel, untuk meminta saran dan masukan.

“Kebetulan ketemu Kajati. Saran dari Kajati, silahkan kawan-kawan (nelayan_red) ingin audiensi. Hanya mohon, jangan anarkis,” katanya.

Baca Juga : Bacaleg PAN Bangka Selatan Bersinar, Target Pimpinan DPRD

Dia juga disarankan untuk mengundang seluruh Forkopimda terkait. Namun, Ketua DPRD Babel ini hanya akan menerima perwakilan dari para nelayan, sejumlah 50 orang di Gedung Mahligai DPRD Babel.

Herman berharap, dalam pertemuan akan lahirnya saran dan masukan dari sejumlah Forkopimda yang hadir, termasuk aspirasi dari para nelayan nantinya.

IMG 20230801 WA0028

“Ada dua poin aspirasi yang akan dibahas nanti. Yang pertama, tentang surat edaran Menteri Kelautan dan Perikanan, tentang migrasi perizinan berusaha, subsektor penangkapan ikan dan pengangkutan ikan,” ujar Herman.

Selain itu, para nelayan juga akan meminta solusi dari permasalahan dangkalnya alur muara Jelitik, Sungailiat.

Alasan mereka, kondisi alur muara dianggap sangat memprihatinkan, sehingga mengakibatkan ekonomi nelayan turun drastis.

“Maka, mereka ingin beraudiensi langsung dengan Ketua DPRD Babel. Sebagai Ketua DPRD, saya respon surat itu, dan kita bergerak cepat meminta Sekwan untuk mengundang seluruh Forkopimda. Besok kita jadwalkan, pukul satu siang,” tegasnya. (kms)

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button