babelhebatBeritaNasional/InternasionalPemerintahanPendidikanRiza Debby

Pemkab Basel Manfaatkan Ruang Media Sosial Untuk Informasi Publik

KETERBUKAAN atas informasi publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Pemkab Basel) patut diapresiasi. Pasalnya, setiap program kerja atau kegiatan  yang dilaksanakan dan akan dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) disampaikan kepada masyarakat ‘publik’ secara terbuka melalui media sosial.

Karena itu, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Basel menggelar serangkaian Rapat koordinasi teknis (Rakortek) tentang penyebarluasan informasi media sosial, diikuti seluruh admin pengelola media sosial di setiap OPD, Rabu (5/7/2023).

“Tujuan dari kegiatan ini untuk menumbuhkan persepsi, pemahaman terkait bagaimana pengelolaan dan pemanfaatan media sosial agar teman-teman (admin_red) bisa meningkatkan intensitas informasi serta meningkatkan kualitas informasi yang disebarluaskan di media sosial,” kata Plt Kepala Diskominfo Basel, Yuri Siswanto.

Baca Juga : Ratusan Hewan Kurban di Bangka Selatan Bebas Penyakit

Yuri menjelaskan, media sosial adalah wadah untuk melihat dan menyikapi aspirasi masyarakat terkait pelayanan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah. Untuk itu, diharapkannya kepada para admin atau pengelola media sosial OPD dan desa agar dapat lebih cekatan dan responsif dalam melayani masyarakat.

Baca Juga : PT MBR Salurkan Hewan Kurban di 4 Desa Bangka Selatan

“Harapannya, untuk teman-teman perangkat daerah secara khusus yang melakukan pelayanan masyarakat ataupun pelayanan publik itu lebih responsif dan cepat dalam menyikapi keluhan, masukan ataupun aspirasi dari masyarakat,” ujar Yuri.

Namun disamping itu, lanjut Yuri, dinas terkait atau OPD juga harus mampu untuk beradaptasi dan mengimbangi perubahan, serta kebutuhan masyarakat dalam melakukan komunikasi.

“Saat ini era digitalisasi. Karena itu, media sosial telah menjadi wadah atau tempat untuk menyampaikan segala informasi atas program kerja atau kegiatan yang dilaksanakan dan akan dilaksanakan oleh pemerintah. Ruang (media sosial_red) ini harus bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menyerap informasi dan menyebarluaskan informasi secara objektif,” jelas Yuri.

Tom Hebat

Berdiri Diatas Semua Golongan

Related Articles

Back to top button