Babelhebat.com – Sebanyak 102 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti serangkaian kegiatan berupa pemeriksaan kebugaran jasmani, Selasa (9/5/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Basel di kawasan Gedung Olahraga Parit Tiga Toboali.

Baca Juga : Desa Payung Wakili Kabupaten Bangka Selatan ke Provinsi, Ikut Lomba TTG Tahun 2023

Alhamdulillah, pemeriksaan kebugaran jasmani Calon Jemaah Haji berjalan dengan baik dan lancar. Ada 10 calon dari 102 calon yang berumur 80 tahun,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan PPKB Basel dr Agus Pranawa.

Baca Juga : Dinkes Basel Gencar Sosialisasi Berobat Gratis

Agus menjelaskan, metode pemeriksaan dilakukan dengan cara rockport yaitu lari kecil dan berjalan untuk usia 80 tahun.

“Semuanya dihitung berapa waktu yang dibutuhkan untuk berlari dan berjalan. Hasil pemeriksaan akan dihitung yang selanjutnya dimasukan ke Kartu Menuju Bugar (KMB),” ujar Agus.

IMG 20230509 WA0019

Agus mengingatkan para CJH untuk menjaga kondisi kesehatan dengan cara olahraga ringan di rumah dan mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, minum air putih yang cukup dan istirahat yang cukup.

“Kondisi kesehatan harus tetap terjaga, begitu juga dengan kondisi fisik sehingga saat akan keberangkatan semuanya berjalan lancar,” tutur Agus.