SEMANGAT dan perjuangan 1945 di Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Provinsi Bangka Belitung (Babel) belum mati. Semangat dan perjuangan itu terlihat dari para peserta Pawai Baris-Berbaris (PBB) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, pramuka, instansi pemerintah dan umum, Selasa (30/8/2022).

Meskipun Kota Toboali, Negeri Beribu Pesona (Basel_red) diguyuri hujan deras sedari siang hingga sore. Namun kondisi tersebuttidakmenghentikan derap langkah kaki para peserta PBB. Malah membuat mereka semakin bersemangatuntuk terus melanjutkan perjalanan hingga menuju finish di Lapangan Bola Merdeka Kampung Padang, Toboali.

FB IMG 1661851640260

Semangat dan perjuangan mereka adalah wujud kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan pastinya sebagai tanda hormat mereka kepada para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan kemerdekaan RI pada tahun 1945 silam. Karena itu, meski dibawah guyuran hujan deras hingga pakaian yang mereka kenakan basah dan kering dibadan, namun langkah kaki mereka tak berhenti untuk melanjutkan perjalanan yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara yaitu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel.

Lintasan jalan atau rute yang dilalui peserta PBB di hari kedua, khususnya peserta tingkat SMP, SMA sederajat, pramuka, instansi pemerintah dan umum, yakni start dari Lapangan Bola Merdeka menuju Jalan Teuku Umar, belok kanan Jalan Ahmad Yani menuju panggung kehormatan, belok kanan Jalan Jenderal Sudirman, lalu belok kiri menuju Jalan Teladan Swadaya terus Jalan Teladan Atas menuju Simpang Empat belok kiri Jalan Mayor Munzir, terus belok kiri Jalan H Agus Salim belok kanan Jalan Rawabangun, persimpangan Gedung Nasional belok kanan Jalan Jenderal Sudirman terus persimpangan Kantor Pos belok kiri Jalan Merdeka dan berakhir di Lapangan Bola Merdeka.

Screenshot 20220830 131142 WhatsApp

Seperti diketahui, bahwa pawai (PBB_red) ini rangkaian puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang diselenggarakan Pemkab) Basel. Puncak acara rangkaian HUT ke 77 Kemerdekaan RI di Kabupaten Basel berlangsung selama 3 hari (Senin, Selasa dan Rabu) dipusatkan di Kota Toboali, Negeri Beribu Pesona.

Puncak acara tersebut diawali dengan Pawai Baris- Berbaris (PBB) tingkat sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) sederajat pada tanggal 29 Agustus 2022. Tanggal 30 Agustus dilanjutkan dengan PBB tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, pramuka, instansi pemerintah dan umum. Tanggal 31 Agustus, barisan karnaval kelompok jalan kaki, pakaian adat, seni bela diri, keseniaan daerah, sepeda hias, motor hias, mobil hias, konvoi kendaraan roda dua, empat, organisaai dan partai politik.

FB IMG 1661851634452

Tema HUT ke 77 Kemerdekaan RI, yakni pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. Tema ini merefleksikan tekad dan daya juang pantang menyerah Bangsa Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan, pulih lebih cepat, dan bangkit lebih kuat untuk mengisi kemerdekaan demi kemajuan bangsa.

“Kemeriahan HUT ke 77 Kemerdekaan RI yang diselenggarakan Pemkab Bangka Selatan, tujuannya adalah belajar bangkit. Bangkit dari pandemi, bangkit menuju pertumbuhan ekonomi dan bangkit membangun kebersamaan,” tegas Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid.

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Pemkab Basel Elvan Rulyadi menjelaskan, jumlah peserta PBB di hari kedua diikuti 94 peserta.

“PBB di hari kedua terdiri dari tiga kategori peserta yaitu SMP sederajat¬† 41 peserta, SMA sederajat 36 peserta dan umum 17 peserta,” kata Elvan mengaku bangga melihat para peserta PBB meski diguyuri hujan deras tetap berada dibarisan dan terus melanjutkan perjalanan hingga menuju finish.

FB IMG 1661851637610

“Hujan deras, peserta PBB terus melanjutkan perjalanan tanpa putus hingga berakhir di Lapangan Bola Merdeka Kampung Padang Toboali,” ujar Elvan.