HukumNasional/Internasional

14 Hari Satlantas Polres Basel Gelar Operasi Zebra, Ini Sasarannya

1
×

14 Hari Satlantas Polres Basel Gelar Operasi Zebra, Ini Sasarannya

Sebarkan artikel ini
IMG 20230904 WA0104

SELAMA 14 hari kedepan atau terhitung mulai tanggal 4-17 September 2023, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan menggelar operasi zebra menumbing di wilayah hukum Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Polres Bangka Selatan, Kompol Elpiadi didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Iptu Edi Yusuf, menjelaskan operasi zebra menumbing merupakan operasi lalu lintas yang dilaksanakan secara rutin dan pelaksanaannya secara serentak di seluruh Indonesia.

“Operasi ini digelar oleh jajaran kepolisian di seluruh Indonesia agar para pengguna jalan mematuhi peraturan berlalu lintas,” kata Elpiadi, Senin (4/9) sore.

Elpiadi menambahkan, tujuan utama dari dilaksanakannya operasi zebra untuk meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan setiap orang dalam berlalu lintas di jalan raya. Dengan harapan, sehingga terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

“Pastinya untuk mewujudkan kedamaian di masyarakat, terutama bagi sesama pengguna jalan,” ujar Elpiadi.

Elpiadi menegaskan, operasi zebra menekankan pada tujuh sasaran. Meliputi tidak menggunakan helm dan sabuk pengaman saat berkendara, berboncengan lebih dari 2 orang, pengendara di bawah pengaruh minuman keras, pengendara di bawah umur, berkendaraan menggunakan ponsel, berkendaraan melebihi batas kecepatan dan kendaraan tidak standar.

“Kami telah memasang spanduk pemberitahuan operasi di beberapa titik di wilayah hukum Polres Bangka Selatan, dan juga¬†melalui media sosial Polres Bangka Selatan agar diketahui oleh masyarakat,” ujar Elpiadi.

Elpiadi berharap selama kegiatan operasi zebra dapat berjalan dengan aman tertib dan lancar, serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk patuh terhadap ketentuan undang-undang sehingga semakin lama masyarakat semakin sadar akan pentingnya tertib berlalu lintas.